SELAMAT DATANG SD MUTU BILINGUAL FULLDAY KARANGANYAR

Kamis, 11 April 2013

ANAK DIKENALKAN DENGAN MATAHARI


 Selasa, 29 Januari 2013 Anak-anak SD MUTU Karanganyar diajak melihat benda-benda langit menggunakan alat bantu berupa teropong atau teleskop. Kegiatan diselenggarakan di lingkungan SD MUTU Karanganyar dengan menggunakan teleskop milik Pemuda Muhammadiyah Gombong. Mereka asyik membidik objek benda langit yang terlihat pada siang hari. Ketika ditanya, anak-anak mengatakan mereka sedang membidik matahari dan benda-benda langit seperti merkurius dan venus. Kalau matahari tidak boleh dilihat langsung soalnya mata kita bisa terbakar, kata Luthfi salah seorang siswa SD MUTU.
Kegiatan ini merupakan bagian dari proses pembelajaran yang ada di SD MUTU. Tidak hanya mempelajari gambar saja, namun mereka diajak melihat objek yang dipelajari secara langsung. Selain mengamati matahari lengkap dengan bentuk dan sifat-sifatnya, anak-anak juga mengamati benda-benda langit yang lain seperti awan, planet merkurius dan venus yang secara kebetulan nampak pada saat itu. Selain melakukan pengamatan pada siang hari, anak-anak juga diberi PR untuk mengamati kondisi langit pada mala hari meliputi benda langit apa saja yang terlihat pada malam hari, bagaimana bentuknya dan seterusnya.
Menurut Restu Laras Wanti, salah satu pendidik SD MUTU kegiatan ini merupakan mata pelajaran IPA dengan tema mengenal langit dan benda-bendanya. Selain lebih menarik, metode pengamatan secara langsung merupakan peletakan dasar kemampuan anak untuk melakukan pengamatan dan penelitian. Sehingga mereka dapat menarik kesimpulan bahwa ilmu pengetahuan merupakan hasil dari pengamatan dan penelitian. Jika proses pembelajarannya hanya di kelas mengamati gambar atau teori saja anak-anak akan salah mengambil kesimpulan bahwa ilmu pengetahuan hanya hasil hayalan atau hasil imajinasi saja, terangnya.
Heri Pramono selaku kepala SD MUTU Karanganyar menambahkan bahwa kegiatan pembelajaran di SD MUTU menuntut para guru untuk kreatif menyusun rencana pembelajaran. Mereka dituntut membuat desain pembelajaran agar anak tidak bosan, merupakan sesuatu yang baru dan relevan dengan kondisi alam sekitarnya. Oleh karena itu, dalam satu minggu selalu ada evaluasi proses satu minggu yang telah berjalan dan perencanaan untuk satu minggu ke depan. Sehingga semua proses pembelajaran tetap terpantau dan target pembelajaran tetap tercapai.

Tidak ada komentar: